Seperti Ghozali, Konami Pun Ikut Berjualan NFT

Konami

Jagat maya Indonesia beberapa hari lalu dihebohkan oleh satu berita unik. Konon seorang netizen dengan nama akun Ghozali Everyday berhasil menjual NFT swafoto (selfie) dirinya senilai total Rp 1,5 M.

Kabarnya, Ghozali mengambil swafoto dirinya setiap hari sejak umur 18 hingga 22 tahun. Semua foto-foto dirinya itulah yang dijual di situs NFT OpenSea.

Jadi sebenarnya apa itu NFT? NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token. Dikutip dari Kompas, NFT adalah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi mewakili obyek dunia nyata yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang seni dan koleksi bisa berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game, dan sebagainya.

Dalam hal ini, sebenarnya artis dan seniman digital memiliki keunggulan dengan adanya NFT. Karena mereka dapat menjual karyanya langsung dalam bentuk NFT. Dan developer game yang juga mempekerjakan artis dan seniman juga dapat menangguk keuntungan dari demam NFT.

Peluang ini sepertinya mulai diendus oleh Konami. Developer dan penerbit game seperti serial Metal Gear dan Castlevania ini berhasil menjual 14 koleksi NFT. Seperti Ghozali, Konami juga menjual NFT-nya di situs OpenSea.

Namun, berbeda dari Ghozali, Konami tidak menjual swafoto direkturnya atau mantan karyawannya Hideo Kojima. Yang Konami jual adalah NFT dari seri game Castlevania senilai USD 162.000. Bahkan, kabarnya NFT Castlevania bergaya pixel art dengan judul Dracula’s Castle sudah ditawar orang dengan harga hingga lebih dari USD 26.000.

Jadi bagaimana gamer PC? Tertarik berjualan NFT juga seperti Ghozali atau Konami?

 

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*