Proyek RPCSX, Emulator PS4 untuk PC

RPCSX - Sony Playstation

Tim pengembang di balik emulator PS3 terbesar, RPCS3, kini telah memulai pengembangan emulator untuk PS4, dengan nama proyek RPCSX​​.

Sebagaimana dilansir The Gamer, ide untuk emulator PS4 telah beredar di antara tim tersebut selama beberapa waktu. Beberapa pengembang yang bekerja pada RPCS3 juga ikut serta dalam versi PS4 ini. Namun, mereka memutuskan untuk menunggu hingga setelah peluncuran PS5 agar dapat melanjutkan proyek tersebut lebih jauh​.

Emulator ini dirancang untuk menjaga agar game favorit tetap dapat dimainkan, terutama jika game tersebut dihapus dari Playstation Network (PSN). Meski demikian, proyek ini masih berada dalam tahap awal dan terbuka bagi siapa saja yang ingin berkontribusi. Bahkan, halaman Github dari proyek ini mengundang siapa saja yang memiliki pengetahuan teknis untuk berpartisipasi​.

Pembuat proyek ini juga mengungkapkan beberapa manfaat dari pembuatan emulator PS4, termasuk menjaga akses terhadap game favorit jika game tersebut dihapus dari PSN, misalnya game horor yang sulit ditemukan, P.T. dari Hideo Kojima.

Meski tidak ada tanggal pasti rilis untuk RPCSX – karena pengembangannya bukan pekerjaan utama siapa pun – tetapi ketika sudah berjalan, emulator ini diharapkan dapat menjalankan “game PS4 asli”​.

Proyek ini tampaknya adalah kerja yang ambisius, mengingat lompatan teknologi yang dibuat Sony antara PS3 dan PS4. Sebagai gamer, baik gamer PC maupun PS4, kita semua berharap bahwa ini akan berbuah manis ketika gamer PC dapat memainkan game PS4 favorit di PC suatu hari nanti​​.

Untuk informasi lebih lanjut dan update terbaru tentang proyek ini, jangan lupa untuk mengunjungi halaman Github dari proyek RPCSX.

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*