Nvidia Mempersiapkan Kartu Grafis Baru NVidia Pascal

NVIDIA Pascal GPU

 

Perkembangan dunia teknologi yang sedemikian pesat juga berimbas di dunia game PC. Nvidia sebagai salah satu pemain di bidang grafis tentunya juga tidak mau ketinggalan.

Saat ini game PC mengarah ke penggunaan teknologi VR (virtual reality) untuk bermain game. Dengan menggunakan headset VR seperti Oculus Rift atau HTC Vive, gamer PC dapat menikmati bermain game seakan hadir langsung di dalam game. Meskipun game berbasis VR masih jarang, namun tidak dapat dipungkiri bahwa VR akan menjadi tren game PC di masa mendatang.

Salah satu syarat memainkan game VR di PC adalah dukungan kartu grafis (GPU) yang memadai. Masalahnya, kartu grafis yang ada di pasaran saat ini dirasa masih kurang mumpuni untuk memainkan game VR. Di sinilah sepertinya Nvidia mencium peluang bisnis untuk mengembangkan produknya.

Oculus Rift

Setelah pertengahan tahun 2015 lalu merilis Nvidia Geforce GTX 950 untuk pasar game MOBA, akhir pekan kemarin Nvidia membuat kejutan. Pada ajang Computex 2016 Taipei di Taiwan, Nvidia memperkenalkan teknologi terbarunya di bidang grafis. Diberi kode “Pascal”, ini adalah teknologi yang akan menggantikan teknologi kartu grafis Nvidia sebelumnya yang berkode “Maxwell”. Beberapa contoh GPU berbasis Maxwell adalah seri teratas GPU Nvidia, misalnya Geforce GTX 950 – 980Ti dan Geforce GTX Titan X.

Secara teknologi, bisa dibilang bahwa perubahan teknologi Nvidia dari Maxwell ke Pascal ini sebagai lompatan, bukan sekedar peningkatan. Bagaimana tidak, kita bisa lihat dalam data awal di bawah ini:

Spek GPU Pascal

Dua contoh kartu grafis berbasis Nvidia Pascal adalah Geforce GTX 1080 dan GP100. Namanya masih bisa berubah. Dapat dilihat peningkatan dari sisi teknologi proses pembuatan (dari 28 nm menjadi 16nm FinFET) dan jenis VRAM yang berbeda (dari GDDR5 menjadi HBM2). Khusus untuk Nvidia GP100 bahkan jumlah transistor ditingkatkan gila-gilaan dari kisaran 8 milyar menjadi 15,3 milyar transistor. Tetapi ini wajar saja, karena Nvidia GP100 bukanlah kartu grafis untuk bermain game tetapi untuk datacenter dan proses-proses kompleks seperti rendering, AI learning serta server virtualization.

Produk kartu grafis/GPU Nvidia Pascal rencananya akan rilis ke pasar ritel/konsumen sekitar bulan Juni – Juli 2016. Mari kita tunggu bersama-sama.

 

Follow kami di Facebook dan Twitter.

BAGIKAN: Facebooktwitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *