Acer Merancang Revo Build, PC yang Dapat Dilepas-Pasang Seperti Lego

Acer Revo Build

 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut segala sesuatunya serba cepat dan makin portabel.

Di dunia ponsel kita pernah mendengar Project Ara. Ini adalah proyek untuk menghasilkan ponsel cerdas yang lebih murah, awet, ramah lingkungan dan moduler.

Konsep moduler inilah yang membedakan dengan ponsel cerdas lain yang ada di pasaran saat ini. Konsep ini memungkinkan komponen ponsel dilepas-pasang dan diganti layaknya blok Lego. Sehingga ketika ada komponen yang rusak atau ketinggalan jaman dan perlu diganti, hanya komponen tersebut yang perlu diganti dan tidak perlu mengganti keseluruhan ponsel atau membeli ponsel baru.

Di dunia PC konsep ini belum terlalu populer. Namun salah satu produsen PC yaitu Acer sedang berusaha mewujudkannya.

Pada pameran teknologi IFA di Berlin, Acer merilis prototype dari PC moduler ini. Diberi nama Acer Revo Build, sekilas namanya mengingatkan merk motor dari produsen yang mengklaim paling irit :D.

acerblocks

Modul dasar Acer Revo Build ini berbentuk persegi, mirip dengan dadu raksasa bernuansa warna hitam dan oranye. Modul dasar ini memuat prosesor Intel Pentium atau Celeron,  RAM hingga 8GB, 3x port USB 3.0, slot SD card, port HDMI dan DisplayPort.

acer-revo-build-modular-pc-2

Yang menarik adalah modul tambahannya. Untuk menghubungkan modul tambahan ke modul dasar cukup dengan meletakkannya di atas modul dasar, persis seperti membangun mainan Lego. Berbagai fungsionalitas tambahan juga dapat diperoleh di modul-modul tambahan tersebut. Beberapa contoh yang modul tambahan misalnya HDD, kartu grafis, dan lain-lain.

SONY DSC

Dengan ukuran hanya sedikit lebih besar dari genggaman tangan orang dewasa, tentunya purwarupa PC ini menarik sebagai salah satu alternatif desain PC yang ramah lingkungan, awet dan terjangkau bagi semua kalangan.

Semoga saja desain ini dapat diwujudkan oleh Acer dan semua produsen PC lainnya agar biaya produksi masal dapat ditekan. Pada akhirnya, konsumen seperti gamer PC juga yang diuntungkan jika ini menjadi kenyataan.

 

======================================

Like kami di Facebook dan Follow kami di Twitter:

Facebook : Fanpage Game PC Terbaik

Twitter : @GamePCTerbaik

Be the first to comment

Leave a comment

Your email address will not be published.


*