Site icon Game PC Terbaik

Pemain Plague Inc. meningkat di tengah wabah virus Corona

Plague Inc. virus Corona

Di tengah-tengah berkecamuknya wabah virus Corona di Tiongkok, para gamer PC di daerah terdampak berusaha bertahan dengan memainkan game Plague Inc.

Berdasar liputan langsung dari CNN, wabah virus Corona saat artikel ini ditulis telah merenggut 80 korban jiwa dan menjangkiti 2700 jiwa warga di Tiongkok. Tiongkok sendiri telah memberlakukan karantina terhadap lebih dari 60 juta jiwa penduduknya di kota-kota yang ditemukan kasus virus Corona. Terakhir, menteri kesehatan Tiongkok menyatakan bahwa virus Corona dapat menyebar bahkan sebelum gejala-gejala penyakitnya muncul. Hal ini tentunya menyebabkan virus tidak terdeteksi dini dan mempersulit upaya pencegahan.

Pelarian dari Kondisi Mencekam?

Dalam kondisi yang muram tersebut, nampaknya masih ada yang memilih untuk bertahan. Steam melaporkan bahwa gamer PC pemain game Plague Inc. melonjak lebih dari 138% atau pertambahan sekitar 930 pemain dalam 30 hari terakhir. Kabarnya menurut situs Quartz, peningkatan jumlah pemain Plague Inc. ini kebanyakan dari pemain Tiongkok yang mencari pelarian dalam kondisi wabah yang mencekam tersebut.

Plague Inc. sendiri merupakan game seluler yang rilis pada tahun 2012 untuk platform iOS dan Android. Pada tahun 2016, Plague Inc. merilis gamenya di PC melalui platform Steam dengan nama Plague Inc.: Evolved. Game ini merupakan game simulasi wabah di mana gamer PC bertugas menaklukkan dunia dengan melepas penyakit di satu titik di dunia dan melihatnya apakah mampu untuk melenyapkan seluruh populasi dunia. Suatu setting yang pas sekali untuk wabah virus Corona di dunia nyata.

Pengumuman Pengembang

Melihat fenomena ini, Ndemic Creations sebagai pengembang game Plague Inc. pun tidak tinggal diam. Melalui situsnya mereka menyampaikan pengumuman sebagai berikut:

“Plague Inc. has been out for eight years now and whenever there is an outbreak of disease we see an increase in players, as people seek to find out more about how diseases spread and to understand the complexities of viral outbreaks.

“We specifically designed the game to be realistic and informative, while not sensationalising serious real-world issues. This has been recognised by the CDC and other leading medical organisations around the world.

“However, please remember that Plague Inc. is a game, not a scientific model and that the current coronavirus outbreak is a very real situation which is impacting a huge number of people. We would always recommend that players get their information directly from local and global health authorities.”

Pengumuman tersebut kurang lebih menyatakan bahwa Plague Inc. hanyalah sebuah game. Plague Inc. bukanlah model ilmiah dari wabah virus Corona yang sedang terjadi. Diharapkan gamer PC tidak terlalu serius dalam memainkannya.

Kita berharap bahwa pemerintah Tiongkok dapat menanggulangi wabah yang sedang terjadi dan penduduknya dapat beraktivitas seperti sediakala. Dan cukuplah wabah global hanya ada di game Plague Inc., tidak terjadi pada wabah virus Corona saat ini.

Exit mobile version