5 Game PC Bertema Kemerdekaan ala 17 Agustus

game PC bertema kemerdekaan

“17 Agustus tahun ’45, itulah hari kemerdekaan kita…”

Kemerdekaan patut disyukuri oleh bangsa mana pun. Terlebih lagi bangsa Indonesia yang religius. Dalam rangka ikut memperingati 17 Agustus sebagai Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, GPT membuat liputan spesial mengenai 5 game PC bertema kemerdekaan.

Memang kita sadari bahwa pengembang dan penerbit game PC asal Indonesia yang sukses menembus pasaran dunia internasional masih sangat langka. Game-game di toko online seperti Steam, GOG, Humble Bundle dan sebagainya masih dipenuhi game dari negara-negara maju di Barat. Oleh karena itu, game PC bertema kemerdekaan yang diangkat GPT di bawah ini tidak terbatas hanya tema kemerdekaan bangsa Indonesia, tetapi bisa lebih luas.

 

1. Independence Day (1997)

Film Independence Day berkisah tentang alien yang menyerang bumi dengan pesawat induk raksasa, tepat beberapa hari sebelum Amerika Serikat merayakan hari kemerdekaannya. Dibintangi Will Smith, film ini meraih sukses besar di banyak bioskop seluruh dunia pada tahun 1996. Setahun kemudian, game Independence Day yang diangkat dari kesuksesan film tersebut dibuat dan diedarkan.

Game Independence Day sendiri mengambil beberapa adegan menarik dari filmnya dan menggunakannya dalam game. Game ini memiliki struktur misi dasar, dimana gamer PC pertama-tama akan diberikan arahan akan tujuan misi, lalu kemudian memilih pesawat. Dalam misi, semakin banyak alien yang ditembak jatuh maka semakin banyak uang yang dapat dikumpulkan. Uang itu akan digunakan untuk membeli pesawat baru, termasuk pesawat alien sebagaimana yang dikisahkan di dalam filmnya.

 

2. XCOM 2: War of The Chosen (2016)

Sebagaimana game Independence Day, XCOM 2: War of The Chosen juga mengisahkan perjuangan ras manusia melawan alien. Tetapi bedanya, di dalam game ini ras alien telah menang dan menguasai bumi.

20 tahun telah berlalu dari kisah di game XCOM: Enemy Unknown. Di dalam game XCOM 2, dikisahkan bumi dan manusia telah berhasil dijajah oleh alien. XCOM, organisasi militer rahasia dunia dalam melawan alien kini terpaksa menjadi organisasi pemberontak dan melanjutkan perjuangannya untuk memerdekakan manusia dari penjajahan alien.

 

3. Assassin’s Creed III (2012)

Seri Assassin’s Creed yang mengandalkan stealth gameplay (bermain dengan mengendap-endap) untuk membunuh lawan dan melaksanakan misi juga pernah hadir dalam setting kemerdekaan Amerika Serikat.

Dalam seri ketiganya ini, Assassin’s Creed menampilkan dua karakter utama protagonis. Desmond Miles adalah keturunan Assassin yang dipaksa menggunakan mesin Animus (sebagaimana dalam film yang dibintangi Michael Fassbender) untuk mengetahui kisah hidup leluhurnya, seorang Assassin berdarah bangsa Indian bernama Connor Kenway yang hidup di masa perang revolusi kemerdekaan Amerika Serikat dari penjajahan Inggris (1765-1783).

 

4. North & South (1989)

Satu lagi game jadul bertema kemerdekaan. North & South mengambil setting perang saudara (Civil War) di Amerika Serikat pada masa-masa akhir revolusi kemerdekaannya.

Gamer PC dapat memainkan salah satu dari dua kubu: kubu Utara yang loyal pada Amerika Serikat yang baru terbentuk, atau kubu Selatan (Konfederasi) yang loyal pada pemerintahan Inggris sebagai penjajah. Jika gamer PC bermain berdua bersama teman, maka kedua kubu dapat dimainkan. Gameplay dari North & South sendiri sederhana dan konyol sehingga banyak mengundang tawa alih-alih sebagai game strategi yang serius.

 

5.  Valkyria Chronicles (2014)

Valkyria Chronicles merupakan game bersetting fiksi yang juga berkisah tentang perjuangan kemerdekaan. Setting game adalah di Europa, daerah fiksi yang terinspirasi dari Eropa pada awal Perang Dunia II. Gamer PC akan memainkan peran sebagai Gallian Militia yang berusaha melawan penjajahan East Europan Imperial Alliance terhadap negara Gallia.

Game ini dibuat menggunakan CANVAS engine dari SEGA sebagai pengembang dan penerbit game. Selain itu, jalannya pertempuran dalam game bervariasi, mulai dari unit infanteri bahkan hingga menggunakan tank.

 

Demikian ulasan GPT mengenai 5 game PC bertema kemerdekaan ala 17 Agustus. Gamer PC punya usulan game bertema sama? Yuk kita diskusikan di komentar.

BAGIKAN: Facebooktwitter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *